Sirih Merah038 001Sirih Merah039 004

Ketika kami berada di atas kapal OSB. Cilacap/ PS. 104 yang berada di Selat Laut sebagai salah satu Mother Ship untuk mem-back up operasional distribusi BBM dari Depot Pertamina Unit Kota Baru – Pulo Laut untuk wilayah Kalimantan dan kemungkinan juga wilayah Sulawesi.

Kami tanyakan kepada crew kapal dan crew mooring gang apakah mereka bisa menggunakan hak pilih mereka. Sebagian besar mereka menjawab menjadi GOLPUT, karena 3 hal:

  1. tidak bisa meninggalkan tempat tugas
  2. tidak adanya crew service boat atau layanan lain yang memudahkan mereka ke darat, untuk bisa menggunakan hak pilih mereka. Jangankan untuk Pemilu, untuk ibadah  tiap Jum’at dan Minggu saja tidak ada.  (Mirip Kaum tahanan ya?- Penulis)
  3. tidak ada sebuah formulir pun yang bisa dibawa oleh crew pra penempatan (pra mutasi) sehingga memudahkan mereka menggunakan hak pilih mereka.

Ya terima sajalah, nasibmu kaum pelaut Indonesia di mana saja berada!

Lantas perlindungan keamanan bagi para pelaut, bagaimana? Sudah barang tentu sangat dibutuhkan bagi mereka di mana saja mereka bertugas!

KRI Fatahillah-361F16

Berbicara tentang tingkat stress bagi para prajurit dan para pelaut, tidak akan berbeda jauh. Tergantung kemampuan individu dalam menghadapi stress.

Do’a saja dari kami, agar ada perbaikan ke depan !!!!! Yang penting jaga kesehatan kita semua agar bisa mengawal kemakmuran bangsa ke depan.