affiliate_link

MENGENAL GAS HYDROGEN SULFIDE (H2S)
ATAU GAS HIDRO BELERANG, BAGIAN III (HABIS)

BAGAIMANA GAS H2S MEMPENGARUHI MANUSIA?

Bila seseorang menghirup gas H2S, gas ini langsung masuk melalui paru-paru ke dalam aliran darah. Untuk melindungi dirinya, maka tubuh manusia mengoksidasi (menguraikan) H2S secara cepat menjadi bahan yang tidak berbahaya.
Bila seseorang menghirup H2S cukup banyak sehingga menyebabkan tubuhnya tidak dapat menguraikan semua gas yang dihirup, maka H2S terkumpul di dalam darah dan meracuni yang bersangkutan (biasa diistilahkan sebagai: septikimia). Pusat syaraf di dalam otak yang mengendalikan pernafasan akan lumpuh, paru-paru berhenti bekerja dan yang yang bersangkutan berhenti bernafas.

Cara H2S secara fisik mempengaruhi seseorang tergantung kepada kepada faktor-faktor sebagai berikut:

Waktu (Lamanya) – jangka waktu yang bersangkutan terkena gas tersebut.
Frekwensi (Kekerapan) – seberapa sering yang bersangkutan terkena gas tersebut.
Intensitas – seberapa banyak konsentrasi gas yang mengenainya.
Tingkat kerentanan pribadi – kondisi fisiologi yang bersangkutan.

Seseorang yang telah meminum alkohol dalam waktu 24 jam terkena gas telah dipengaruhi oleh konsentrasi kecil H2S. Alkohol dan H2S tidak dapat bercampur, sehingga hal ini membuat orang yang bersangkutan sangat rentan (mudah terpengaruh) H2S.

Batas pengaruh yang dapat diterima adalah sebagai berikut:

Waktu Delapan Jam Timbangan Rata-Rata (TWA = Time Weighted Average) – untuk menghindari rasa tidak nyaman, konsentrasi TWA H2S tidak boleh melebihi 10 ppm.
Batas Pengaruh Waktu Singkat (STEL = Short Term Exposure Limit) atau Batas Pengaruh Jangka Pendek – 15 ppm H2S merupakan batas TWA seseorang untuk jangka waktu 15 menit yang tidak boleh diperpanjang dalam waktu satu hari kerja.

TATA CARA PENYELAMATAN

Kenakan peralatan penyelamatan secara lengkap (minimum peralatan pernafasan untuk 30 menit) sebelum mencoba untuk melakukan penyelamatan, kalau tidak maka mungkin anda sendiri akan turut menjadi korban.
Pindahkan (evakuasi) korban sesegera dan secepat mungkin di tempat yang berudara segar.
Bila bernafas, biarkan korban beristirahat dan berikan oksigen murni jika tersedia.
Bila tidak bernafas, mulailah berikan nafas buatan secepat mungkin.
Panggilkan ambulans dan usahakan korban mendapatkan pertolongan kesehatan secepatnya.
Biarkan korban berbaring dengan selimut atau mantel, yang ditempatkan di bawah pundaknya agar saluran pernafasan terbuka. Pertahankan panas tubuh korban dan jangan sampai korban ditinggalkan sendirian tanpa ada yang menjaganya.
Bila mata terkena pengaruh H2S segera basuh sepenuhnya dengan air bersih. Bila hanya terjadi gangguan mata sedikit, menggunakan kompres dingin sudah cukup.
Dalam hal korban hanya terkena sedikit pengaruh gas dan tidak secara total kehilangan kesadarannya, sebaiknya dia tidak ditugaskan bekerja sampai hari berikutnya.

TINDAKAN-TINDAKAN KESELAMATAN

Bila menuju tempat kerja, penting sekali untuk memperhatikan peringatan ini sewaktu masuk.

tanda-peringatan

Minimum dua jalan keluar untuk menyelamatkan diri ditentukan, sebaiknya ke arah jalan.

Mengawasi suasana dan peralatan pendeteksi (sensor) yang diwajibkan beserta pengamatan terhadap alarm audio/visual. Detektor yang dapat dijinjing dan alat pengukur gas akan memberikan tambahan tingkat keselamatan.

Bahaya ledakan gas harus dibatasi dan “DILARANG MEROKOK” merupakan peraturan yang harus dilaksanakan, yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Peralatan ventilasi anti ledakan yang yang ditempatkan secara strategis dapat mengurangi pengaruh H2S.

Program Latihan Kewaspadaan terhadap H2S dan latihan secara teratur merupakan suatu keharusan. Sebagai praktek menumbuhkan kesempurnaan kemampuan.

Pengamatan terus-menerus terhadap petunjuk arah angin, seperti selongsong kain (gada-gada) atau lembaran kain, merupakan keharusan. Dalam pencemaran udara oleh H2S bergeraklah ke atas angin dari sumber gas dan bukan ke arah sebaliknya (arah bawah angin).

H2S lebih berat daripada udara, hindari daerah yang rendah.

Pilihlah pasangan dan gunakan sistim kerjasama untuk keselamatan bersama.

Perhatikan selalu tanda peringatan.

Tempatkan angka-angka darurat di tempat-tempat yang tepat dan pelihara sistim perhubungan yang dapat dipercaya.

Tempatkan stasiun darurat sekurang-kurangnya pada jarak 250 kaki (75 meter) atau sejauh mungkin dari sumber H2S sejauh dirasa tepat. Selama dalam keadaan darurat, setiap orang harus berkumpul di sini untuk mendapatkan briefing dan perintah serta untuk mengisi kembali tabung udara.

Konsentrasi gas H2S yang berbahaya dapat dibuang dengan jalan menyalurkannya melalui cerobong pembakaran yang memiliki pembakaran otomatis. CATATAN: Membakar H2S akan menghasilkan SO2, suatu gas beracun yang lebih berat daripada H2S. Karena panas, tidak naik dan tidak terurai ke bagian atas atmosfir.

Pelajari dan kenali tatacara darurat menghadapi H2S yang dibuat perusahaan/ pabrik/ gudang/ kilang/ tempat penimbunan lainnya di lingkungan kerja anda.

JANGAN PANIK!

Tahan nafas anda.
Kenakan peralatan pernafasan. Jangan mencoba melakukan pertolongan sebelum anda mengenakan peralatan pernafasan.
Tolonglah siapa saja yang berada dalam marabahaya.
Melaporlah ke stasiun darurat.

TESTIMONI

Sejak tanggal 6 April 2008 hingga sekarang, sudah beberapa orang crew OSB. CILACAP/ PS. 104, baik yang rutin dan yang coba-coba mengkonsumsi Produk Sirih Merah unggulan dari PJ. SEKAR KEDHATON (Teh Herbal Celup Sirih MerahTM dan Kapsul Ekstrak Sirih Merah PlusTM) merasakan badannya semakin enak setiap harinya. Dari tingkat kerentanan pribadi dan lamanya penyakit yang sedang mereka idap atau yang pernah mereka derita, menunjukkan bahwa reaksi tubuh mereka akan berbeda-beda waktu merespons proses penyembuhan dengan sirih merahTM saja atau campuran antara sirih merahTM dan obat-obat resep dari dokter.

REAKSI UMUM REGENERASI SEL SYARAF OLFACTORY

Setelah satu minggu atau lebih lama meminum Teh Herbal Celup/Seduh Sirih MerahTM dan/ atau Kapsul Ekstrak Sirih Merah PlusTM. Nafas akan terasa lega. Rongga hidung seolah-olah ada gelembung-gelembung udara yang dibentuk oleh lendir pecah, kemudian lendir mengeras seperti butiran nasi yang disekresi baik melalui mulut maupun hidung. Tidak ada rasa sakit dalam proses ini, akan terbatuk-batuk ketika mengeluarkan darah beku yang menempel di rongga hidung akibat kerusakan sel syaraf olfactory. Maka setelah kejadian ini indera penciuman akan kembali normal. Agar pemulihan kesehatannya bisa lebih optimal. Jaga kondisi, jangan sampai menghirup udara yang tercemar H2S lebih dari 10 ppm per hari kerja.

REAKSI IKUTAN KARENA KOMPLIKASI

Kita tahu bahwa toksin dari H2S akan mengikuti aliran darah ke seluruh tubuh manusia yang terkena. Tidak hanya rongga hidung dan paru-paru saja, bisa langsung ke rongga mata, jantung, hati, diabetes mellitus, persendian dan tulang belakang hingga tulang ekor (seperti penderita lordosis,sclerosis atau osteoporosis).

Paru-paru dan jantung: Setelah beberapa minggu atau beberapa bulan mengkonsumsi sirih merahTM, pada waktu malam hari akan terasa rongga dada seperti ditarik dan diketuk dalam beberapa detik, tidak sampai terasa nyeri sekali. Dan ini akan dirasakan dalam beberapa hari ke depan, lambat laun frekwensinya berkurang dan kemudian akan terasa normal. Demikian reaksi penyembuhan yang umum dengan meminum sirih merahTM, sekalipun anda sedang minum obat resep dari dokter. Silahkan periksa doaku-berpakaian-muslim2kter, untuk mengecek kemajuan kesehatan anda.

Hati: Reaksi penyembuhannya mirip di atas, dengan kekhasannya pada telapak kaki kanan pada titik refleksi hati terasa sedikit ngilu dan gatal selama beberapa hari. Dengan frekwensi yang lambat laun menghilang, sehingga ketika anda periksa dokter atau labs. Anda akan menerima keterangan seperti ini: ” …. entah bagaimana tiba-tiba saja penyakit saudara menghilang dan tidak akan kambuh lagi.” Insya Allah.

Mata: Reaksi khas penyembuhannya, rongga mata seperti dikerok. Kadang mata seperti berair dan berpasir. Bersihkan dengan kain/ kapas steril. Sampai sekarang  tulisan ini ditulis, PJ. Sekar Kedhaton belum memproduksi obat tetes mata dari bahan baku sirih merah. Masih diteliti hingga sama dengan pH mata pada umumnya, sehingga mata tidak terasa pedih dan aman bagi semua penderita penyakit mata. Insya Allah, tidak lama lagi.

Diabetes mellitus dan kanker: Reaksi penyembuhannya yang khas, bisa anda baca sendiri di “Basmi Penyakit dengan Sirih Merah” – oleh Mas Dewo atau “Pendapat Pasien hingga sembuh.”

Luka operasi hernia: Dengan kombinasi minum Teh Herbal Celup Sirih Merah™ dan obat dari dokter luka operasi cepat sembuh.

Persendian, tulang belakang hingga tulang ekor: Pada tengah malam, terjadi reaksi penyembuhan yang luar biasa ngilunya seolah-olah sampai ke sumsum dengan sedikit terasa panas. dan otot seperti ada  tarikan-tarikan kecil. Kemudian akan diikuti dengan buang-buang air besar dan air kecil, tetapi tidak terasa sakit. Dengan frekwensinya lambat laun akan menghilang, anda sembuh dari keluhan ini. Alhamdulillah.