affiliate_link

MENGENAL GAS HYDROGEN SULFIDE (H2S)

ATAU GAS HIDRO BELERANG, BAGIAN I

SANGGAHAN

Sungguh saya merasa lega dengan segala upaya untuk dapat meyediakan data yang akurat di dalam tulisan ini. Karena itu, saya tidak memberikan kuasa, jaminan atau tanggungan sehubungan dengan tulisan ini, dan dengan ini secara tegas menolak setiap tanggungjawab keuangan atau lainnya karena kehilangan atau kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan atau penerapan berikut atau setiap pelanggaran undang-undang negara setempat yang bertentangan dengan isi tulisan ini. Informasi tentang keselamatan dan resiko kesehatan serta tindakan keberhati-hatian yang semestinya sehubungan dengan bahan-bahan khusus serta keadaannya harus diterima dari pemberi pekerjaan, pembuat atau pemasok bahan yang dimaksud, atau lembaran data dari bahan yang dimaksud. (Material Data Sheet).

TUJUAN

Membantu mempelajari H2S dan menghilangkan rasa takut terhadap hal-hal yang tidak diketahui melalui pendidikan dan latihan yang telah memungkinkan anda sekalian dapat bekerja dengan aman dalam konsentrasi H2S yang mematikan di seluruh dunia.

Kita harus yakin dan mengerti bagaimana mengenali keberadaan H2S, bagaimana melindungi diri kita sendiri dan bagaimana menghindari pengaruhnya yang mematikan. Kita harus tahu juga bagaimana menyelamatkan dan melaksanakan pertolongan pertama pada korban yang terkena H2S.

Sejauh ini kami belum mengetahui dari referensi manapun apakah virus H5N1 (yang dikenal dengan: virus flue burung) bisa mati bila berada pada udara yang tercemar H2S pada konsentrasi cukup tinggi dalam jumlah besar. Tetapi menurut hemat saya, bila kita melihat dengan Tabel Kadar Racun H2S berikut, virus H5N1 itu tidak akan mati, sekalipun dalam keadaan cuaca/ udara dingin. Bahkan mungkin ada virus atau bakteri yang mengalami mutasi setelah berada di dalam udara yang tercemar H2S.

Mengkonsumsi Sirih Merah™ bagi yang rutin, telah terbukti kemukjizatannya bisa melawan racun dari gas H2S, tinggal ditindaklanjuti dengan uji klinis dari tim medis,

APAKAH H2S ITU?

Hydrogen Sulfide (H2S) adalah gas yang sangat beracun, tidak berwarna (transparan) dan lebih berat dari udara.

H2S adalah racun yang dapat melumpuhkan sistem pernafasan kita dan dapat membunuh kita dalam waktu beberapa menit saja. Bahkan dalam jumlah kecil tetap berbahaya bagi kesehatan kita.

Pada konsentrasi rendah (dalam jumlah kecil) H2S memiliki bau yang menyengat mirip telur busuk. Pada konsentrasi yang lebih besar (dalam jumlah kecil), H2S menimbulkan bau yang enak akan tetapi memualkan. Pada konsentrasi tinggi, kita tidak dapat mengenali baunya karena gas ini cepat sekali mematikan indera penciuman kita dengan melumpuhkan sistem syaraf olfactory. Sebagai akibatnya, indera penciuman tidak dapat mengenali H2S.

H2S terbentuk dari pembusukan zat organik binatang dan/ atau tumbuh-tumbuhan (yang hidup sebelumnya) oleh bakteria. Hal ini terdapat pada minyak bumi dan gas alam, saluran air kotor dan genangan seperti pada rawa-rawa serta dihasilkan dalam berbagai proses industri dan biologi.

H2S berarti bahwa setiap molekul gas ini terdiri dari dua atom hidrogin dan satu atom belerang.

H2S dalam industri disebut dengan berbagai nama, antara lain:

* H2S

* Stink Damp

* Rotten egg gas (gas telur busuk)

* Hydro sulphuric acid (gas hidro asam belerang)

* Sulfurated Hydrogen

* Sour Crude (minyak mentah busuk)

* Sulfur Hydride

DI MANA KITA MENEMUKAN H2S?

H2S timbul pada berbagai lingkungan alam dan industri. Dapat ditemukan dalam jumlah besar pada gas alam dan minyak bumi. Pekerja yang terlibat pada pekerjaan pemboran di daerah yang diketahui mengandung gas asam belerang maupun daerah-daerah yang belum diidentifikasi, penyimpanan, pengangkutan atau pengilangan, dihadapkan pada resiko terkena H2S yang dipacu oleh panas atau udara panas.

Pada hari-hari tenang berkabut H2S cenderung berkumpul di tempat-tempat rendah dalam konsentrasi yang membahayakan. Bila keadaan lebih panas dibandingkan dengan udara di sekitar, gas ini cenderung naik.

Sebagian besar H2S didapat sebagai produk sampingan dari kegiatan lain. Dapat ditemukan kembali dari gas alam dan pengilangan minyak bumi serta dapat diubah menjadi asam belerang atau belerang mutu tinggi, atau dimusnahkan dengan jalan membakarnya melalui saluran pembakaran.

Belerang Dioksida (Sulfur Dioxide atau SO2) akan terbentuk bila dilakukan pembakaran H2S. Gas ini, walau tidak berwarna, dapat dikenali melalui baunya yang tajam. SO2 sangat mengganggu sehingga konsentrasi tiga atau empat bagian per satu juta (3 atau 4 ppm) mudah dikenali oleh masyarakat awam. Akan tetapi pada keadaan cuaca tertentu dan dalam jumlah besar, SO2 dapat menjadi lebih berbahaya dari H2S.

Beberapa kegiatan yang diperlihatkan di bawah ini merupakan tempat kemungkinan dapat terpengaruh H2S:

sumber

rangkaian-sumur-minyak

kilang

SPBU

MODA TRANSPORTASI BBM

SALURAN GOT (AIR KOTOR)

TAMBANG DI BAWAH TANAH

LABORATORIUM KOMERSIAL

PELEDAKAN DENGAN BAHAN PELEDAK BUBUK HITAM