Persiapan sebelum mengganti media tanam hpim0013.jpg

affiliate_link

Gambar di atas merupakan tanaman sirih merah induk yang didapat dari kakak saya, Mas Bambang Irawan dengan media tanam tanah biasa ditambah pupuk kandang dan kompos. Bisa kita perbandingkan dengan tanaman hasil stek dengan menggunakan media tanam khusus DM001 yang baru dua hari dipisahkan dari tanaman induknya, hasilnya tampak seperti gambar di bawah ini.

stek-2hr-dg-media-tanam.jpg Daun tampak lebih merah dari tanaman induknya.

Daun dari tanaman induk ketika belum diganti dengan media tanam khusus yang saya buat sebagai uji coba, tampak seperti ini sblm-diganti-dg-media-tanam.jpg

Lakukan persiapan untuk mengganti media tanam dengan media tanam khusus seperti tampak gambar paling atas. Untuk pot berukuran diameter 40 cm akan membutuhkan media tanam khusus seberat 3 – 4 kg. Setelah empat hari, tanaman induk tampak seperti berikut:

sirih-merah-induk-ssdh-ditanam-dg-dm001.jpg

Media tanam khusus juga bisa untuk merehabilitasi tanaman yang terjangkit penyakit busuk daun. Dengan cara: bersihkan lendir atau bagian tanaman yang menghitam dengan air yang mengalir sampai bersih. Kemudian ganti media tanamnya dengan media tanam khusus seperti ini. Kena busuk daun.jpg Dibutuhkan antara 0.5 – 1.5 kg untuk pot-pot berukuran diameter 25 cm.

Sebagai awal, kita ingin menyelamatkan tujuh buat pot dari penyakit busuk daun sebagaimana tampak di gambar berikut ini. 7pot-yg-direhabilitir.jpg Tampak daunnya masih merah kusam. Setelah itu berikan pula pupuk organik dan bio untuk merehabilasi.